BAB II
PEMBAHASAAN
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU NAHW DI MESIR
A. Sejarah
dan Perkembangan
Aktivitas keilmuan khususnya disiplin ilmu
nahwu di Mesir telah muncul dan berkembang sejak masa-masa awal muncul dan
berkembangnya nahwu secara umum. Dorongan untuk menjaga bacaan Al-Quran secara
benar menjadi faktor utama berkembangnya nahwu di negeri Firaun ini.
Pada masa awal, telah ada pengikut Abul Aswad
yang mengajar disana, yaitu Abdurrahman bin Hurmuz (w. 117 H). Beliau
inilah yang memberikan tanda titik pada mushaf Al-Quran sebagai tanda I’rab.
Beliau juga guru salah seorang dari qurra’ bacaan Al-Quran yang tujuh, yaitu
Imam Nafi’ bin Abi Nu’aim di Madinah. Bacaan cara Nafi’ ini kemudian berkembang
di Mesir berkat muridnya, yaitu Warasy, seorang penduduk asli Mesir yang
bernama lengkap ‘Utsman bin Sa’id.
Nahwu aliran Mesir secara khusus mulai berkibar
dengan hadirnya Wallad bin Muhammad At-Tamimi, seorang yang berasal dari Basrah
tetapi tumbuh di Fusthath Mesir. Beliau berguru kepada Al-Khalil bin Ahmad di
Iraq dan menulis buku hasil pembelajarannya bersama sang penemu ilmu ‘arudh
tersebut. Salah satu tokoh yang sezaman dengan Wallad ini adalah Abul Hasan
Al-A’azz yang belajar nahwu kepada Al-Kisa’i. Dari adanya dua tokoh
inilah mulai muncul aliran baru paduan antara kedua aliran yang telah ada,
yaitu Kufah dan Basrah. Dua tokoh inilah generasi pertama Nahwu Mesir.
Generasi kedua Nahwu Mesir ditandai dengan
munculnya Ad-Dinauri (w. 289 H). Beliau adalah Ahmad bin Ja’far, yang melakukan
perjalanan ke Basrah untuk menuntut ilmu. Beliau belajar Al-Kitab milik
Sibawaih dari Al-Mazini, kemudian ke Baghdad belajar kepada Tsa’lab, lalu
pindah belajar kepada Al-Mubarrad. Setelah itu, beliau kembali ke Mesir
dan mengajar Nahwu di sana dan menulis sebuah buku berjudul Al-Muhadzdzab yang
beliau peruntukkan bagi para muridnya di sana.
Seorang tokoh yang sezaman dengan Ad-Dinauri
adalah Muhammad bin Wallad At-Tamimi (w. 298 H). Pada mulanya, beliau belajar
nahwu dari ayahanda beliau, dan juga Ad-Dinauri, dan Mahmud bin Hassan.
Kemudian, beliau menuju Baghdad dan belajar Al-Kitabkepada
Al-Mubarrad. Setelah itu, beliau pulang, mengajar, dan menulis sebuah buku ajar
dengan judul Al-Munammaq.
Generasi berikutnya adalah Ali bin Husain
Al-Hunna’i (w. 320 H), dan Abul ‘Abbas Ahmad bin Muhammad bin Wallad At-Tamimi
(w. 332 H). Ali bin Husain adalah penulis Al-Mundhad. Beliau
memadukan pendapat Basrah dan Kufah. Beliau dijuluki Kura’un Namli yang berarti
kaki semut karena fisiknya yang pendek. Sedangkan Abul Abbas, beliau belajar
nahwu dan mendapat salinan al-Kitab dari ayah beliau,
Muhammad, dan juga belajar dari Az-Zajjaj di Basrah. Beliau dikenal seorang
yang cerdik pandai. Selain kedua tokoh ini, terdapat pula Abu Ja’far An-Nuhas
(w. 337 H), penulis kitab Ma’anil Qur’an dan I’rabul
Qur’an.[1]
B. Para
tokoh Ilmu Nahw (Nuhat) dan karya-karyanya
Beberapa tokoh yang muncul berikutnya pada
masa dinasti Fathimiyyah adalah:
1. Abu
Bakar Al-Idfawi (w. 388 H)
2. ‘Ali bin
Ibrahim Al-Haufi (w. 430 H), murid Al-Idfawi
3. Adz-Dzakir
An-Nahwi (w. 440 H), murid Ibn Jinni
4. Ibn
Babasyadz, Thahir bin Ahmad (w. 469 H)
5. Muhammad
bin Barakat (w. 520 H)
6. Ibn
al-Qaththa’, ‘Ali bin Ja’far As-Sa’di (w. 515 H)
7. Ibn
Barriy (w. 582 H)
8. ‘Utsman
bin ‘Ali Al-Balathiy Al-Maushili (w. 599 H)
Kemudian pada masa Al-Ayyubi:
1. Sulaiman
bin Banin Ad-Daqiqiy (w. 614 H), murid Ibn Barriy
2. Yahya bin
Mu’thi Al-Maghribi (w. 628 H), penulis Alfiyah Ibn Mu’thi, yang dikutip namanya
oleh Ibn Malik dalam Alfiyyah-nya
3. Ibn
ar-Ramah, ‘Ali bin Abdushshomad (w. 633 H)
4. ‘Ali bin
Muhammad As-Sakhawi (w. 643 H)
Kemudian pada masa dinasti Mamalik dan
seterusnya antara lain:
1. Bahauddin
Ibn Nuhas Al-Halabiy (w. 698 H), beliau adalah guru Abu Hayyan
2. Ibn Ummi
Qasim, Al-Hasan bin Qasim (w. 749 H)
3. Ibn
al-Hajib, Jamaluddin ‘Utsman bin ‘Umar bin Abu Bakar (570 H – 646 H)
4. Ibn
Hisyam, Jamaluddin Abdullah bin Yusuf bin Ahmad bin Abdullah bin Hisyam
Al-Anshari Al-Mishriy (708 H- 761 H). Beberapa karya beliau yang perlu dicatat
adalahMughni al-Labib ‘an Kutub al-A’arib, Awdloh al-Masalik ila Alfiyyah
ibn Malik,Syudzur adz-Dzahab, Qathru an-Nada wa Ballu ash-Shada, dan al-I’rab
‘an Qawaid al-I’rab.
Kemudian generasi Mesir akhir antara lain:
1. Ibn
‘Aqil, Abdullah bin Abdurrahman (w 769 H), penulis syarah Alfiyyah Ibn
Malikyang terkenal
2. Ibn
ash-Sha’igh, Muhammad bin ‘Abdurrahman (w. 776 H)
3. Ad-Damamini,
Muhammad bin Umar (w. 837 H), penulis Tuhfah al-Gharib, komentar
atas Mughni al-Labib karya Ibn Hisyam, beliau berpindah-pindah
hingga wafat di India
4. Asy-Syumunni
(w. 872), juga menulis komentar atas Mughni al-Labib
5. Al-Kafiji,
Muhammad bin Sulaiman Ar-Rumi (w. 879 H)
6. Khalid
Al-Azhari (w. 905 H), beliau menghasilkan banyak karya, termasuk Syarh
at-Tashrih ‘ala at-Taudhih
7. As-Suyuthi,
Jalaluddin Abdurrahman bin Abu Bakar bin Muhammad (w. 911 H), beliau sangat
terkenal dengan banyak karyanya dalam berbagai disiplin ilmu. Dalam bidang
bahasa, terdapat Asybah wa an-Nazhair, Ham’ul Hawami’, Bughyat al-Wu’at,
dan lain sebagainya.
8. Al-Asymuniy,
Nuruddin Ali bin Muhammad (w. 929 H)
9. Asy-Syanwani
(w. 1019 H)
10. Ad-Danusyari (w. 1025 H)
11. Syaikh Yasin (w. 1025 H)
12. Al-Hifni (w. 1178 H)
13. Ash-Shiban, Muhammad bin ‘Ali
(w. 1206 H), terkenal dengan kitab komentar beliau atas Alfiyyah Ibn
Malik disamping karya-karya lainnya.
14. Ad-Dasuqi, Muhammad bin Arafah
(w. 1230 H)
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteassalamualaikum.perkongsian yang menarik. boleh saya tahu rujukan untuk artikel ini?
ReplyDelete