Sunday 11 January 2015

MADRASAH MESIR

BAB II

PEMBAHASAAN
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU NAHW DI MESIR

A.      Sejarah dan Perkembangan
Aktivitas keilmuan khususnya disiplin ilmu nahwu di Mesir telah muncul dan berkembang sejak masa-masa awal muncul dan berkembangnya nahwu secara umum. Dorongan untuk menjaga bacaan Al-Quran secara benar menjadi faktor utama berkembangnya nahwu di negeri Firaun ini.
Pada masa awal, telah ada pengikut Abul Aswad yang mengajar disana, yaitu Abdurrahman bin Hurmuz (w. 117 H). Beliau inilah yang memberikan tanda titik pada mushaf Al-Quran sebagai tanda I’rab. Beliau juga guru salah seorang dari qurra’ bacaan Al-Quran yang tujuh, yaitu Imam Nafi’ bin Abi Nu’aim di Madinah. Bacaan cara Nafi’ ini kemudian berkembang di Mesir berkat muridnya, yaitu Warasy, seorang penduduk asli Mesir yang bernama lengkap ‘Utsman bin Sa’id.
Nahwu aliran Mesir secara khusus mulai berkibar dengan hadirnya Wallad bin Muhammad At-Tamimi, seorang yang berasal dari Basrah tetapi tumbuh di Fusthath Mesir. Beliau berguru kepada Al-Khalil bin Ahmad di Iraq dan menulis buku hasil pembelajarannya bersama sang penemu ilmu ‘arudh tersebut. Salah satu tokoh yang sezaman dengan Wallad ini adalah Abul Hasan Al-A’azz  yang belajar nahwu kepada Al-Kisa’i. Dari adanya dua tokoh inilah mulai muncul aliran baru paduan antara kedua aliran yang telah ada, yaitu Kufah dan Basrah. Dua tokoh inilah generasi pertama Nahwu Mesir.
Generasi kedua Nahwu Mesir ditandai dengan munculnya Ad-Dinauri (w. 289 H). Beliau adalah Ahmad bin Ja’far, yang melakukan perjalanan ke Basrah untuk menuntut ilmu. Beliau belajar Al-Kitab milik Sibawaih dari Al-Mazini, kemudian ke Baghdad belajar kepada Tsa’lab, lalu pindah belajar kepada Al-Mubarrad.  Setelah itu, beliau kembali ke Mesir dan mengajar Nahwu di sana dan menulis sebuah buku berjudul Al-Muhadzdzab yang beliau peruntukkan bagi para muridnya di sana.
Seorang tokoh yang sezaman dengan Ad-Dinauri adalah Muhammad bin Wallad At-Tamimi (w. 298 H). Pada mulanya, beliau belajar nahwu dari ayahanda beliau, dan juga Ad-Dinauri, dan Mahmud bin Hassan. Kemudian, beliau menuju Baghdad dan belajar Al-Kitabkepada Al-Mubarrad. Setelah itu, beliau pulang, mengajar, dan menulis sebuah buku ajar dengan judul Al-Munammaq.
Generasi berikutnya adalah Ali bin Husain Al-Hunna’i (w. 320 H), dan Abul ‘Abbas Ahmad bin Muhammad bin Wallad At-Tamimi (w. 332 H). Ali bin Husain adalah penulis Al-Mundhad. Beliau memadukan pendapat Basrah dan Kufah. Beliau dijuluki Kura’un Namli yang berarti kaki semut karena fisiknya yang pendek. Sedangkan Abul Abbas, beliau belajar nahwu dan mendapat salinan al-Kitab dari ayah beliau, Muhammad, dan juga belajar dari Az-Zajjaj di Basrah. Beliau dikenal seorang yang cerdik pandai. Selain kedua tokoh ini, terdapat pula Abu Ja’far An-Nuhas (w. 337 H), penulis kitab Ma’anil Qur’an dan I’rabul Qur’an.[1]

B.            Para tokoh Ilmu Nahw (Nuhat) dan karya-karyanya
Beberapa tokoh yang muncul berikutnya pada masa dinasti Fathimiyyah adalah:
1.      Abu Bakar Al-Idfawi (w. 388 H)
2.      ‘Ali bin Ibrahim Al-Haufi (w. 430 H), murid Al-Idfawi
3.      Adz-Dzakir An-Nahwi (w. 440 H), murid Ibn Jinni
4.      Ibn Babasyadz, Thahir bin Ahmad (w. 469 H)
5.      Muhammad bin Barakat (w. 520 H)
6.      Ibn al-Qaththa’, ‘Ali bin Ja’far As-Sa’di (w. 515 H)
7.      Ibn Barriy (w. 582 H)
8.      ‘Utsman bin ‘Ali Al-Balathiy Al-Maushili (w. 599 H)

Kemudian pada masa Al-Ayyubi:
1.      Sulaiman bin Banin Ad-Daqiqiy (w. 614 H), murid Ibn Barriy
2.      Yahya bin Mu’thi Al-Maghribi (w. 628 H), penulis Alfiyah Ibn Mu’thi, yang dikutip namanya oleh Ibn Malik dalam Alfiyyah-nya
3.      Ibn ar-Ramah, ‘Ali bin Abdushshomad (w. 633 H)
4.      ‘Ali bin Muhammad As-Sakhawi (w. 643 H)

Kemudian pada masa dinasti Mamalik dan seterusnya antara lain:
1.      Bahauddin Ibn Nuhas Al-Halabiy (w. 698 H), beliau adalah guru Abu Hayyan
2.      Ibn Ummi Qasim, Al-Hasan bin Qasim (w. 749 H)
3.      Ibn al-Hajib, Jamaluddin ‘Utsman bin ‘Umar bin Abu Bakar (570 H – 646 H)
4.      Ibn Hisyam, Jamaluddin Abdullah bin Yusuf bin Ahmad bin Abdullah bin Hisyam Al-Anshari Al-Mishriy (708 H- 761 H). Beberapa karya beliau yang perlu dicatat adalahMughni al-Labib ‘an Kutub al-A’arib, Awdloh al-Masalik ila Alfiyyah ibn Malik,Syudzur adz-Dzahab, Qathru an-Nada wa Ballu ash-Shada, dan al-I’rab ‘an Qawaid al-I’rab.
Kemudian generasi Mesir akhir antara lain:

1.      Ibn ‘Aqil, Abdullah bin Abdurrahman (w 769 H), penulis syarah Alfiyyah Ibn Malikyang terkenal
2.      Ibn ash-Sha’igh, Muhammad bin ‘Abdurrahman (w. 776 H)
3.      Ad-Damamini, Muhammad bin Umar (w. 837 H), penulis Tuhfah al-Gharib, komentar atas Mughni al-Labib karya Ibn Hisyam, beliau berpindah-pindah hingga wafat di India
4.      Asy-Syumunni (w. 872), juga menulis komentar atas Mughni al-Labib
5.      Al-Kafiji, Muhammad bin Sulaiman Ar-Rumi (w. 879 H)
6.      Khalid Al-Azhari (w. 905 H), beliau menghasilkan banyak karya, termasuk Syarh at-Tashrih ‘ala at-Taudhih
7.      As-Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman bin Abu Bakar bin Muhammad (w. 911 H), beliau sangat terkenal dengan banyak karyanya dalam berbagai disiplin ilmu. Dalam bidang bahasa, terdapat Asybah wa an-Nazhair, Ham’ul Hawami’, Bughyat al-Wu’at, dan lain sebagainya.
8.      Al-Asymuniy, Nuruddin Ali bin Muhammad (w. 929 H)
9.      Asy-Syanwani (w. 1019 H)
10.  Ad-Danusyari (w. 1025 H)
11.  Syaikh Yasin (w. 1025 H)
12.  Al-Hifni (w. 1178 H)
13.  Ash-Shiban, Muhammad bin ‘Ali (w. 1206 H), terkenal dengan kitab komentar beliau atas Alfiyyah Ibn Malik disamping karya-karya lainnya.

14.  Ad-Dasuqi, Muhammad bin Arafah (w. 1230 H)

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum.perkongsian yang menarik. boleh saya tahu rujukan untuk artikel ini?

    ReplyDelete